Sabtu, 11 November 2017

Mikel Oyarzabal Debutan Termuda Tim Nasional Senior Spanyol Asal Klub Real Sociedad

Mikel Oyarzabal Debutan Termuda Tim Nasional Senior Spanyol Asal Klub Real Sociedad
Mikel Oyarzabal Debutan Termuda Tim Nasional Senior Spanyol
Asal Klub Real Sociedad
Tulisan ini akan membahas mengenai profil salah satu pemain sepak bola muda fenomenal dari klub Real Sociedad dan juga yang telah bermain membela tim nasional senior Spanyol. Mari kita simak bersama profil dan juga serba-serbi lain dari pemain fenomenal tersebut.

Mikel Oyarzabal Ugarte, demikian nama lengkapnya, merupakan seorang pesepakbola kelahiran 21 April 1997 di Eibar, Gipuzkoa yang berada di wilayah Basque. Pemain yang berposisi sebagai gelandang sayap atau winger ini berpostur 180 cm dan bobot 78 kilogram. Pemain yang saat ini masih berusia 20 tahun tersebut memakai nomor punggung 18 di klubnya Real Sociedad. Oyarzabal, demikian nama panggilannya, biasa bermain di posisi gelandang sayap kiri di klubnya.

Mikel Oyarzabal telah mulai bermain sepak bola sejak masih berusia 5 tahun. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh sosok ayahnya yang juga merupakan seorang pesepakbola. Namun dia belum benar-benar bermain secara serius saat itu. Oyarzabal kecil banyak berlatih sepak bola di Eibar, walaupun sebenarnya Oyarzabal juga sempat diincar oleh Bilbao saat masih berusia 11 tahun. Namun karena saat itu sang ayah menganggap putranya masih terlalu muda untuk bermain sepak bola secara serius, maka beliau menganjurkan Oyarzabal untuk tetap berlatih di Eibar.

Oyarzabal memulai petualangannya sebagai pemain bola secara lebih serius ketika memutuskan untuk bergabung dan berlatih  bersama akademi Real Sociedad saat dia berumur 14 tahun pada tahun 2011 lalu. Walaupun masih tergolong pemain junior (pemain akademi), Oyarzabal mendapat kepercayaan untuk memulai debutnya sebagai pemain senior ketika dipercaya tampil di tim Real Sociedad B pada laga melawan SD Amorebieta tanggal 15 November 2014 dalam laga kompetisi Segunda Division B. Kala itu, Oyarzabal masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua. Laga tandang tersebut berakhir dengan kemenangan dengan skor 3-2 untuk Real Sociedad B.


Sekitar setahun sejak debutnya di tim Real Sociedad B, akhirnya Oyarzabal berhasil membuat gol perdananya sebagai pemain senior. Pada laga tandang melawan CD Mensajero yang berlangsung tanggal 20 September 2015, Oyarzabal berhasil mencetak dua gol pada laga yang berkesudahan dengan skor 0-5 tersebut. Tak perlu menunggu terlalu lama, Oyarzabal akhirnya dipercaya untuk membela tim utama Real Sociedad pada kompetisi La Liga. Debut Oyarzabal di tim utama terjadi pada 25 Oktober pada tahun yang sama. Saat itu, Oyarzabal masuk menggantikan Carlos Vela pada menit-menit akhir pertandingan yang berakhir dengan kemenangan Sociedad 4-0 atas tuan rumah UD Levante. Untuk debutnya tersebut, Oyarzabal layak berterima kasih pada David Moyes, pelatih Sociedad kala itu, yang mempromosikannya dari tim B.

Selanjutnya, pada 8 Februari 2016, untuk pertama kalinya Oyarzabal berhasil mencetak gol untuk tim utama Sociedad. Gol perdana Oyarzabal tersebut melengkapi kemenangan Real Sociedad 5-0 atas tuan rumah RCD Espanyol. Enam hari kemudian, segera setelah menandatangani perpanjangan kontraknya hingga 2021, Oyarzabal berhasil mencetak dua gol yang membuat Sociedad mampu mengalahkan Granada CF dengan skor 3-0 di kandang sendiri Anoeta Stadium. Pada 19 Agustus 2016, Oyarzabal sekali lagi memperpanjangan kontraknya hingga 2022.

Sejak berhasil menembus tim utama Sociedad, Oyarzabal telah berhasil memberikan kontribusi signifikan bagi klub asal San Sebastian tersebut. Oyarzabal biasa bermain di sayap kiri dan berhasil membentuk kerja sama apik dengan striker Sociedad, Willian Jose.

Selain bisa bermain di posisi sayap kiri, ternyata Oyarzabal juga bisa bermain di sayap kanan. Oyarzabal dikenal memiliki kecerdikan untuk melewati lawan. Kemampuannya melepaskan umpan silang menjadi kelebihan utamanya. Musim lalu, dirinya berhasil mencatatkan tujuh assist. Walaupun dirinya bukanlah pemain tercepat di liga, Oyarzabal memiliki kelebihan lain sebagai kompensasi sepadan. Dirinya mampu membaca permainan lawan sehingga terlihat mahir mengantisipasi dan mencari ruang.

Mikel Oyarzabal memiliki suatu keunikan yaitu kakinya yang besar yang membuatnya mesti memakai sepatu dengan ukuran 47. Sesuatu yang cukup jarang dimiliki oleh seorang pemain sayap bertalenta. Keunikan tersebut membuat dirinya dijuluki Big Foot alias Si Kaki Besar. Akan tetapi, kualitas Oyarzabal juga sebesar kakinya.

Kemampuan dan sumbangsih yang sudah diberikan sejauh ini bagi klub mampu membuat dirinya menjadi idola baru bagi publik Anoeta Stadium. Dirinya dianggap mampu menggantikan peran Antonie Griezzmann yang hengkang ke Atletico Madrid setahun sebelumnya.

Mengingat posisinya sebagai pemain sayap, tentu saja tidak bisa terlalu mengharapkan Oyarzabal untuk bisa selalu mencetak gol layaknya seorang penyerang. Musim 2016/2017 yang lalu, sumbangan gol Oyarzabal di La Liga cuma dua gol dari 38 pertandingan yang dijalaninya. Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan dengan musim 2015/2016 yang merupakan musim debutnya di tim utama Real Sociedad. Kala itu, dia mampu menghasilkan setengah lusin gol dari 22 penampilan.

Seperti dituturkan Oyarzabal di harian Mundo Deportivo, "tahun lalu memang terasa sangat berat, tetapi saya banyak belajar. Banyak yang berlangsung tak sesuai harapan, tapi saya berkembang untuk membantu tim".

Musim 2017/2018 ini, Oyarzabal mencoba menaikkan lagi kemampuannya dalam menjebol gawang lawan sehingga berpeluang menjadi pemain tersubur Sociedad. Dari tujuh laga, di mana dia absen pada tiga laga karena cedera paha, si Big Foot telah berhasil menyumbangkan lima gol di La Liga.

Kematangan merupakan ciri khas lain dari Oyarzabal. "Saya merasa gembira dan nyaman berada di lapangan. Saya hanya berpikir mengenai upaya menaikkan permainan. Tujuan kolektif selalu berada di atas tujuan individual. Tak peduli berapa banyak gol yang saya cetak, jika tim tak menang, maka gol-gol itu tak ada gunanya", ucap Oyarzabal.

Ketika Oyarzabal terpaksa harus absen karena cedera paha, La Real julukan Sociedad mengalami dua kekalahan beruntun. Kekalahan pertama 1-3 dari Real Madrid di kandang sendiri dan kekalahan kedua kala bertandang ke Levante dengan skor 3-0. Segera setelah dapat kembali merumput, Big Foot langsung memberikan sumbangsih yang berarti bagi klubnya, sumbangan sebuah gol dan sebuah assist tercipta saat menjamu Valencia. Sayangnya, kala itu La Real kembali harus menelan kekalahan dengan skor 2-3.

Tiga pekan berikutnya, Oyarzabal semakin menancapkan kukunya di tim yang dilatih oleh Eusebio Sacristan tersebut dengan sumbangan dua gol dalam dua laga. Sayang, sebuah golnya ke gawang Getafe masih belum mampu menyelamatkan Sociedad dari kekalahan.

Salah satu gol Oyarzabal yang barangkali akan paling dikenang dan semakin membuatnya menjadi idola publik Anoeta Stadium adalah gol tunggal yang dicetaknya ke gawang Barcelona pada laga yang dihelat pada 9 April 2016. Gol tersebut menjadi satu-satunya yang tercipta pada laga tersebut dan sekaligus menjadi gol kemenangan Sociedad.

"Saya melihatnya tumbuh dari hari demi hari. Setiap hal yang ia bawa ke dalam tim terasa positif. Sebagai pelatih, saya senang terhadap perkembangannya", demikian ucap Sacristan, pelatih Sociedad dalam tiga musim terakhir.

Sociedad sudah mengonfirmasi bakat yang dimiliki pemainnya ini dan sekaligus mengantisipasi incaran para peminat sejak awal musim lalu. La Real memberikan ikatan kontrak baru sampai 2022 buat Oyarzabal. Kontrak tersebut memiliki klausul pelepasan sebesar 50 Juta Euro. Klub-klub seperti Barcelona, Real Madrid, maupun klub-klub lainnya harus membayar mahal jika berminat mendapatkan jasa Oyarzabal.

Karir pemain yang mengawali karir bermain sepak bola nya di tim junior Eibar ini tidak hanya gemilang di klub saja. Oyarzabal sejak 2015 telah membeli tim nasional Spanyol. Perjalanannya di tim nasional dimulai tim nasional Spanyol U-18 dimana ia pernah tampil sebanyak dua kali. Pada 2016, Oyarzabal membela tim nasional Spanyol U-19 sebanyak empat pertandingan. Selanjutnya, pada 2017 hingga saat ini dia masih membela tim nasional Spanyol U-21, dengan tampil delapan kali dan mencetak satu gol sampai saat ini. Selain itu, pada Mei 2016 lalu, Oyarzabal secara mengejutkan sempat dipanggil untuk membela tim nasional senior Spanyol yang sedang bersiap untuk sebuah laga persahabatan melawan Bosnia-Herzegovina. Vicente del Bosque yang melatih Spanyol kala itu memberikan debut berseragam La Fujia Roja buat sang sayap berusia 19 tahun.

Debutnya sendiri di tim nasional senior Spanyol terjadi pada 29 Mei 2016 ketika masuk menggantikan Nolito yang pada laga tersebut mencetak dua gol. Laga melawan Bosnia-Herzegovina sendiri berakhir dengan kemenangan 3-1 untuk Spanyol. Oyarzabal menginjak rumput lapangan sejak menit ke-60 pada laga yang digelar di St. Gallen, Swiss. Pengalaman pertama itu menjadikan Oyarzabal pemain termuda dari Sociedad yang pernah bermain buat tim nasional Spanyol.

"Debut timnas saat masih berusia 19 tahun adalah impian yang menjadi kenyataan", demikian ucap Oyarzabal di Diario Vasco. Debut bersama timnas senior Spanyol tersebut sampai saat ini menjadi satu-satunya penampilan Oyarzabal bersama timnas senior. Menarik untuk menantikan kelanjutan karirnya bersama timnas senior Spanyol.

Itulah profil Mikel Oyarzabal, sang debutan termuda tim nasional senior Spanyol asal klub Real Sociedad. Walaupun usianya masih muda, namun sejauh ini dia telah tampil pada lebih dari 70 laga bersama Sociedad. Perlu diketahui pula bahwa selain fokus menjalani karir sebagai pesepakbola profesional, ternyata Oyarzabal juga adalah seorang mahasiswa bisnis. Hal lain yang semakin menunjukkan kematangan Oyarzabal. Menarik untuk terus menyimak perkembangan karir sepak bola pemain sayap muda asal Sociedad ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar