Senin, 18 Februari 2019

Prediksi 16 Besar Piala FA Chelsea vs Manchester United: Peluang Gelar Terakhir Solskjaer


Prediksi 16 Besar Piala FA Chelsea vs Manchester United: Peluang Gelar Terakhir, Solskjaer !
Prediksi 16 Besar Piala FA Chelsea vs Manchester United: Peluang Gelar Terakhir, Solskjaer !

Dini hari nanti pukul 02.30 WIB, laga yang bisa jadi paling ditunggu-tunggu di babak 16 besar Piala FA 2018/2019 akan digelar di Stadion Stamford Bridge. Tuan rumah Chelsea akan menjamu sang musuh bebuyutan Manchester United.

Laga ini dipastikan akan sangat penting bagi kedua tim, khususnya bagi tim tamu Manchester United. Laga ini merupakan peluang paling mungkin bagi Solskjaer untuk mempersembahkan gelar di akhir musim bagi kubu Setan Merah. Manchester United memang masih bermain di Liga Champions, namun peluang mereka untuk lolos ke perempat final cukup berat. Manchester United harus mampu menang dengan selisih tiga gol di kandang Paris Saint Germain di leg kedua perdelapan final Liga Champions.

Laga ini juga tetap penting bagi kubu tuan rumah. Chelsea berpeluang semakin besar untuk dapat meraih dua gelar di akhir musim nanti jika mampu melaju lebih jauh di ajang Piala FA. Chelsea saat ini sudah mampu menembus final Piala Carabao (Piala Liga), maka apabila mampu melaju semakin jauh dan bahkan sampai menembus final Piala FA, peluang untuk menjadi juara juga akan semakin terbuka.

Kondisi kedua tim menjelang laga dini hari nanti bisa dikatakan tidak terlalu prima. Chelsea memang berhasil menang atas Malmo FF saat bermain di kandang lawan di ajang Europa League, namun performa mereka juga masih belum stabil. Chelsea mampu tampil trengginas di satu laga, namun tiba-tiba bermain buruk di laga berikutnya. Sementara Manchester United baru saja menelan kekalahan perdana dari Paris Saint Germain di Old Trafford sejak dilatih Solskjaer Desember lalu.

Oleh karena itu, kemenangan jelas akan menjadi target akhir bagi masing-masing tim pada laga ini. Kemenangan bukan sekedar demi bisa lolos ke babak selanjutnya, tetapi juga demi gengsi masing-masing tim dan tentu saja demi memperbesar peluang meraih gelar di akhir musim.

Namun mengacu pada kondisi terkini kedua tim, sejarah pertemuan kedua tim, dan tentu saja faktor tuan rumah, peluang lebih besar untuk lolos ke babak selanjutnya di ajang Piala FA ada di pihak Chelsea. Tuan rumah tentu tidak ingin dipermalukan di hadapan publik sendiri. Selain itu gagal menang atas Setan Merah juga akan semakin mengancam kedudukan Maurizio Sarri sebagai pelatih Chelsea. Tekad itulah yang diyakini akan menjadi dorongan semangat bagi tuan rumah untuk meraih kemenangan.

Musim lalu, kedua tim juga bertemu di ajang yang sama. Namun kala itu pertemuan terjadi di babak final yang akhirnya dimenangi Chelsea dengan skor tipis 1-0. Satu-satunya gol yang tercipta pada laga tersebut dicetak oleh Eden Hazard. Hazard kemungkinan juga akan menjadi pembeda sekali lagi pada laga dini hari nanti.

Musim ini kedua tim sudah bertemu sekali di Premier League. Laga yang digelar di kandang Chelsea pada Oktober lalu berakhir dengan skor imbang 2-2. Saat itu Manchester United masih dilatih oleh Jose Mourinho. Oleh karena itu hasil di laga nanti juga kemungkinan bisa berbeda.

Solskjaer sempat memimpin Setan Merah tak terkalahkan dalam 11 laga beruntun sejak mengambil alih posisi pelatih dari Jose Mourinho. Berkat performa gemilang di sebelas laga awal sebagai pelatih, Solskjaer digadang-gadang akan memperoleh jabatan pelatih penuh di akhir musim nanti. Namun kekalahan dari Paris Saint Germain di kandang sendiri membuat beberapa pihak kembali ragu akan kemampuan melatih Solskjaer.

Solskjaer dianggap tidak memiliki variasi taktik dan dianggap terlalu mengandalkan pemain-pemain tertentu saja, khususnya Paul Pogba. Selain Pogba, pemain andalan Solskjaer lainnya adalah Anthony Martial dan Marcus Rashford. Pada laga dini hari nanti, Anthony Martial dipastikan tidak akan bermain karena cedera.

Solskjaer tentu harus berpikir harus keras untuk menemukan pemain yang tepat yang dapat menggantikan peran Anthony Martial. Alexis Sanchez dan Romelu Lukaku sejauh ini belum mampu tampil prima seperti yang diharapkan.

Namun bukan berarti tuan rumah Chelsea juga tanpa masalah menjelang laga dini hari nanti. Sarri sedang menghadapi tantangan besar untuk membuat performa stabil dari satu laga ke laga berikutnya. Dua dari tiga laga terakhir Chelsea di Premier League berakhir dengan kekalahan telak lebih dari dua gol. Hal itu menjadi bukti bahwa lini pertahanan Chelsea masih cukup rapuh dan itu adalah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Sarri.

Para bek Chelsea harus mampu tampil prima dan sangat rapi pada laga ini untuk meminimalkan peluang penyerang Setan Merah untuk mencetak gol. Bek-bek Chelsea harus mampu mengantisipasi dengan baik setiap serangan balik yang dilancarkan oleh lawan sebab sejauh ini pemain belakang Chelsea kerap terlambat menutup ruang jika mendapat serangan balik cepat.

Faktor dukungan suporter dan fakta bahwa Chelsea hanya kalah dua kali saja dari 22 laga terakhir menghadapi Manchester United di berbagai ajang di Stamford Bridge harus dimaksimalkan sebagai pendukung dan motivasi untuk meraih kemenangan dini hari nanti. Chelsea juga harus untuk mempertahankan catatan positif berupa 10 kemenangan beruntun di kandang di ajang Piala FA.

5 Pertemuan Terakhir Kedua Tim
20-10-2018    Chelsea vs Manchester United        2-2
19-05-2018    Chelsea vs Manchester United        1-0
25-02-2018    Manchester United vs Chelsea        2-1
05-11-2017    Chelsea vs Manchester United        1-0
16-04-2017    Manchester United vs Chelsea        2-0

5 Pertandingan Terakhir Chelsea
15-02-2019    Malmo FF vs Chelsea                        1-2
10-02-2019    Manchester City vs Chelsea              6-0
02-02-2019    Chelsea vs Huddersfield                    5-0
31-01-2019    Bournemouth vs Chelsea                  4-0
28-01-2019    Chelsea vs Sheffield Wednesday      3-0

5 Pertandingan Terakhir Manchester United
13-02-2019    Manchester United vs PSG                0-2
09-02-2019    Fulham vs Manchester United            0-3
03-02-2019    Leicester vs Manchester United         0-1
30-01-2019    Manchester United vs Burnley           2-2
26-01-2019    Arsenal vs Manchester United           1-3

Perkiraan Susunan Pemain
Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Antonio Rudiger, David Luiz, Marcos Alonso; N’Golo Kante, Jorginho, Ross Barkley; Willian, Gonzalo Higuain, Eden Hazard. Pelatih: Maurizio Sarri.

Manchester United (4-3-1-2): Sergio Romero; Ashley Young, Chris Smalling, Phil Jones, Luke Shaw; Paul Pogba, Nemanja Matic, Ander Herrera; Juan Mata; Marcus Rashford, Romelu Lukaku. Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer.

Prediksi Skor Akhir Pertandingan
Chelsea yang tampil sebagai tuan rumah di laga ini tentu tidak mau dipermalukan di hadapan pendukungnya sendiri. Chelsea tentu juga bertekad untuk memperbaiki penampilan dan menciptakan kestabilan performa pada setiap pertandingan.

Dalam lima laga terakhir melawan Manchester United di berbagai ajang di Stamford Bridge, Chelsea belum sekalipun menelan kekalahan. Chelsea mencatatkan hasil empat kali menang dan satu kali imbang. Catatan positif yang bisa menambah kepercayaan diri punggawa Chelsea untuk juga meraih hasil positif pada laga dini hari nanti.

Manchester United tentu juga ingin segera bangkit pada laga ini dan kembali meraih kemenangan setelah dikalahkan Paris Saint Germain di kandang sendiri. Catatan lima laga tandang Setan Merah juga bagus. Mereka selalu menang dalam lima laga tandang terakhir di berbagai ajang, termasuk kemenangan 1-3 di babak keempat Piala FA atas tuan rumah Arsenal.

Laga dini hari nanti juga akan berlangsung sangat ketat. Kedua tim diprediksi akan sedikit bermain hati-hati di awal laga. Kedua tim tentu tidak ingin kebobolan di awal laga yang akan mempersulit peluang mereka untuk lolos ke babak selanjutnya.

Laga diprediksi akan berlangsung ketat sampai akhir. Namun kedua tim diprediksi tidak akan dan tidak ingin laga berakhir imbang, sebab hal itu akan menambah beban tim karena harus memainkan satu pertandingan tambahan. Kedua tim tentu sangat ingin laga ini berakhir dalam 90 menit. Hal itu yang akan membuat pertandingan semakin seru menjelang akhir laga.

Kemungkinan skor akhir pertandingan: 1-0, 2-1, 0-1, 1-1, 2-2.

[diolah dari berbagai sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar