Rabu, 20 Februari 2019

Prediksi 16 Besar Liga Champions: Atletico Madrid vs Juventus


Prediksi 16 Besar Liga Champions: Atletico Madrid vs Juventus
Prediksi 16 Besar Liga Champions: Atletico Madrid vs Juventus

Sebuah laga seru lainnya akan tersaji di babak 16 besar Liga Champions Kamis 21/02/2019 dini hari nanti antara Atletico Madrid vs Juventus. Laga ini akan digelar di markas Atletico Madrid, Estadio Wanda Metropolitano. Simak prediksi 16 besar Liga Champions: Atletico Madrid vs Juventus berikut ini.

Atletico Madrid yang terkenal sebagai tim yang jago kandang akan menantang Juventus sang jawara bertahan Serie A di kandangnya sendiri. Dari 17 laga di kandang sendiri di berbagai kompetisi, Atletico Madrid memiliki catatan 13 kali menang, 3 kali imbang, dan sekali kalah. Akan sangat menarik untuk menyaksikan pertarungan kedua tim yang dikenal sama-sama mengusung pola permainan bertahan di laga ini.

Atletico Madrid jelas akan menjadi lawan yang tidak mudah untuk ditaklukkan oleh Juventus pada laga ini. Satu-satunya kekalahan yang diderita tim asuhan Diego Simeone di kandang sendiri diderita dari rival sekota dan musuh bebuyutannya, Real Madrid. Kekalahan tersebut terjadi pada 9 Februari lalu di ajang La Liga Spanyol.

Namun khusus di Liga Champions, sejauh ini Atletico Madrid belum terkalahkan saat tampil di hadapan para pendukung setianya. Club Brugge, Borussia Dortmund, AS Monaco semuanya dipaksa pulang dengan tangan hampa. Atletico Madrid mampu mengalahkan ketiga tamunya tersebut dengan margin dua gol.

Dari 17 laga di kandang sendiri, Atletico mampu mencetak 34 gol dan hanya kebobolan 11 gol. Atletico Madrid mampu mencetak rata-rata dua gol di setiap pertandingan kandangnya.

Melihat catatan tersebut, Juventus jelas patut waspada dan fokus pada laga dini hari nanti. Catatan pertemuan kedua tim juga cenderung lebih mendukung tuan rumah. Atletico Madrid sudah dua kali menghadapi Juventus di Liga Champions dan mereka masih belum tersentuh kekalahan.

Pertemuan pertama kedua tim terjadi di babak penyisihan grup di kandang Atletico dan skor memihak tuan rumah 1-0. Pertemuan kedua terjadi di kandang Juventus dan sekali lagi Atletico masih belum terkalahkan. Juventus harus puas dengan skor imbang 0-0 di kandang sendiri.

Namun hasil di laga nanti bisa saja berbeda. Skuat Juventus sudah mengalami cukup perubahan, termasuk masuknya Cristiano Ronaldo pada musim panas lalu. Hal ini membuat Diego Simeone menyadari bahwa peluang kedua tim sama kuatnya di babak ini.

Dalam konferensi pers, Simeone mengungkapkan, “dalam kondisi saat ini tidak ada tim yang lebih diuntungkan. Peluang kami sama 50:50”. Faktor keberadaan Cristiano Ronaldo tentu saja yang membuat Simeone beranggapan seperti itu. Ronaldo tentu sudah amat sangat mengenal Atletico Madrid yang sudah dihadapinya kala masih berkostum Real Madrid.

Ronaldo dapat dianggap musuh yang mematikan bagi Atletico Madrid. Ronaldo telah 22 kali menjebol gawang Atletico Madrid dari 33 laga. Selama karirnya di Spanyol, hanya ada dua tim yang gawangnya lebih sering dibobol dibandingkan gawang Atletico Madrid, yaitu Sevilla dan Getafe.

Hal inipun tampaknya disadari oleh Allegri, pelatih Juventus. Dia menyadari bahwa keberadaan Ronaldo akan menjadi faktor yang bagus bagi Juventus pada laga ini. Namun Allegri juga menegaskan bahwa Juventus bukan cuma Ronaldo.

Allegri menuturkan, “Ronaldo adalah keuntungan bagi tim kami. Namun dia saja tidak akan cukup. Seluruh elemen tim harus mampu tampil prima.”

Pernyataan Allegri tersebut didukung fakta bahwa Ronaldo memang bukan andalan utama Juventus di Liga Champions musim ini. Ronaldo baru mampu mencetak satu gol dari enam laga babak penyisihan grup yang dijalaninya. Ronaldo masih kalah dari Dybala yang telah mencetak lima gol di Liga Champions.

Namun tetap harus diakui bahwa keberadaan Ronaldo lah yang turut membantu performa Dybala di Liga Champions musim ini. Beberapa kali Dybala mampu menciptakan peluang berbahaya berkat kemampuan Ronaldo untuk menarik pemain belakang lawan kearahnya sehingga menyisakan celah yang kerap dimanfaatkan dengan baik oleh Dybala.

Kondisi itu pula yang harus diwaspadai oleh Atletico Madrid pada laga nanti. Sebab diperkirakan Juventus tetap akan menargetkan kemenangan pada laga ini demi mempermudah perjuangan mereka di laga kedua nanti dan sekaligus memperbesar peluang mereka lolos ke babak selanjutnya.

Atletico Madrid harus mampu menampilkan pertahanan berlapis nan kompak di laga ini. Namun hal itu juga bukan perkara mudah. Sebab diperkirakan sang gelandang berpengalaman, Koke, masih akan absen di laga ini. Absennya Koke pula yang ditengarai menjadi sebab kekalahan Atletico Madrid dari Real Betis dan Real Madrid di La Liga.

Atletico juga memiliki sedikit masalah di lini serangnya. Mereka terlalu bergantung kepada Antoine Griezmann dalam urusan menjebol gawang lawan. 18 gol telah mampu dicetak Griezmann sejauh ini. Diego Costa yang absen cukup lama baru berhasil mencetak empat gol.

Dua penyerang lainnya, Nikola Kalinic dan Alvaro Morata juga nyaris serupa. Kalinic baru mampu mencetak empat gol, sementara Morata belum mampu gol dari tiga laga yang telah dijalani.

Griezmann jelas harus menjadi pusat perhatian utama Juventus pada laga ini. Namun Juventus juga tidak boleh melupakan dua pemain sayap Atletico Madrid. Pemain-pemain seperti Angel Correa, Thomas Lemar, dan Vitolo kerap secara tiba-tiba berubah menjadi kekuatan Atletico khususnya ketika melakukan serangan balik cepat.

Lini belakang uzur Juventus jelas harus mampu mengantipasi dengan baik keberadaan Griezmann dan ketiga pemain sayap nan cepat tersebut. Juventus perlu belajar dari kondisi ketika mereka menghadapi Young Boys di kandang lawan. Pada laga tersebut, gawang Juventus kebobolan dua gol lebih dahulu melalui serangan balik cepat pemain-pemain Young Boys.

Pertemuan Terakhir Kedua Tim
10-12-2014    Juventus vs Atletico Madrid           0-0
02-10-2014    Atletico Madrid vs Juventus           1-0

5 Pertandingan Terakhir Atletico Madrid
16-02-2019    Rayo Vallecano vs Atletico Madrid             0-1
09-02-2019    Atletico Madrid vs Real Madrid                  1-3
03-02-2019    Real Betis vs Atletico Madrid                     1-0
26-01-2019    Atletico Madrid vs Getafe                           2-0
20-01-2019    Huesca vs Atletico Madrid                          0-3

5 Pertandingan Terakhir Juventus
16-02-2019    Juventus vs Frosinone                               3-0
11-02-2019    Sassuolo vs Juventus                                 0-3
03-02-2019    Juventus vs Parma                                     3-3
31-01-2019    Atalanta vs Juventus                                   3-0
28-01-2019    Lazio vs Juventus                                       1-2

Perkiraan Susunan Pemain
Atletico Madrid (4-4-3): Jan Oblak; Luis, Godin, Gimenez, Arias; Saul Niguez, Rodrigo, Partey; Griezmann, Diego Costa, Alvaro Morata. Pelatih: Diego Simeone.

Juventus (4-3-1-2): Szczesny; Cancelo, Bonucci, Chiellini, Sandro; Pjanic, Bentancur, Matuidi; Dybala; Mandzukic, Ronaldo. Pelatih: Massimiliano Allegri.

Prediksi Skor Akhir Pertandingan
Atletico Madrid belum terkalahkan dalam 12 laga kandang terakhir di fase gugur Liga Champions dengan catatan tujuh menang dan lima kali seri. Atletico juga belum terkalahkan dalam sembilan laga terakhirnya menghadapi tim-tim dari Italia dengan catatan tujuh menang dan dua seri. Atletico Madrid juga baru sekali saja menelan kekalahan di kandang sendiri di berbagai kompetisi.

Juventus hanya mampu menang tiga kali dalam sembilan laga tandang terakhirnya di Spanyol. Catatan tandang Juventus menghadapi tim-tim Spanyol adalah enam menang, enam seri, dan 16 kalah.

Kedua tim diprediksi akan lebih mengandalkan kekuatan lini pertahanan pada laga ini. Laga diprediksi akan berlangsung sangat ketat dan kemungkinan hanya sedikit gol yang akan tercipta pada laga ini.

Gol tandang akan sangat berperan penting nantinya bagi kelolosan kedua tim. Oleh karena itu Juventus juga dipastikan akan mengincar minimal satu gol pada laga ini.

Kemungkinan skor akhir pertandingan: 1-0, 1-1, 2-1, 0-0, 0-1.

[diolah dari berbagai sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar