Selasa, 19 Februari 2019

Prediksi 16 Besar Liga Champions: Liverpool vs Bayern Munchen


Prediksi 16 Besar Liga Champions: Liverpool vs Bayern Munchen
Prediksi 16 Besar Liga Champions: Liverpool vs Bayern Munchen

Liverpool akan menjamu Bayern Munchen Rabu 20/02/2019 dini hari WIB. Laga ini jelas merupakan laga besar yang layak dinanti-nanti dan ditonton oleh penggemar sepak bola di seluruh dunia. Simak prediksi 16 besar Liga Champions: Liverpool vs Bayern Munchen berikut ini.

Stadion Anfield, markas Liverpool, akan menjadi lokasi laga Liverpool vs Bayern Munchen. Robert Lewandowski akan menjadi salah satu pusat perhatian pada laga dini hari nanti. Lewandowski saat ini adalah pemuncak daftar top skor sementara Liga Champions. Lewandowski jelas akan menjadi fokus utama pengawalan pemain belakang Liverpool pada laga ini. Delapan gol yang sudah dilesakkannya ke jala gawang lawan adalah penyebabnya.

Dari semua laga yang telah dijalani di Liga Champions musim ini, Lewandowski hanya sekali absen mencetak gol yaitu saat Bayern Munchen menjamu Ajax Amsterdam pada Oktober lalu. Usia terbukti tidak menjadi penghalang bagi Lewandowski untuk tetap produktif sebagai penyerang.

Lewandowski yang pernah diasuh Jurgen Klopp di Borussia Dortmund juga merupakan salah satu penyerang tersubur dan berbahaya di Bundesliga. Lewandowski telah mencetak 13 gol sejauh ini dan hanya terpaut satu gol saja dari top skorer sementara yaitu Luka Jovic.

Sesuatu yang spesial dari Lewandowski adalah dia merupakan tipe penyerang yang efektif. Lewandowski hanya membutuhkan rata-rata tiga tembakan ke arah gawang untuk setiap gol yang dicetaknya atau dengan kata lain empat tembakan tepat sasaran per laga di Liga Champions musim ini.

Lewandowski mampu memaksimalkan kaki dan kepalanya untuk menciptakan gol. Hal itulah yang membuat pemain bertinggi badan 184 cm itu dijuluki Predator Kotak Penalti.

Menghadapi Liverpool, Lewandowski sudah menyatakan siap untuk menjebol gawang Liverpool yang diasuh mantan pelatihnya semasa di Borussia Dortmund. Lewandowski akan memanfaatkan setiap kesalahan yang dibuat pemain belakang Liverpool dan berupaya semaksimal mungkin mengubahnya menjadi gol.

Ketajaman Lewandowski merupakan ancaman nyata bagi Liverpool pada laga dini hari nanti. Jurgen Klopp sudah memahami itu. Liverpool pantas untuk waspada sebab pada laga ini, Liverpool tidak akan diperkuat duet bek tengah andalannya. Virgil Van Dijk yang juga dikenal jago duel udara terpaksa absen akibat hukuman larangan bermain. Sementara Joe Gomez masih belum pulih dari cedera yang dialaminya.

Satu-satunya bek tengah yang dalam kondisi bugar dan siap tampil hanya Joel Matip, sebab Dejan Lovren diperkirakan belum akan tampil pada laga ini. Lovren masih belum 100 persen pulih dari cedera yang dialaminya.

Absennya sejumlah pemain penting memang berdampak nyata terhadap performa lini belakang Liverpool. Dalam 12 laga terakhir, gawang Alisson telah jebol sebanyak 11 kali. Padahal dalam 20 laga sebelumnya gawang Alisson hanya bobol sebanyak 13 kali.

Menghadapi Bayern Munchen dini hari nanti, Jurgen Klopp tampaknya akan membuat sejumlah penyesuaian strategi untuk memperkuat lini belakang tim demi bersiap menghadapi lini serang Munchen yang tergolong mematikan. Klopp akan mencoba membuat suatu formula agar dapat memotong aliran umpan dari pemain tengah Munchen ke Lewandowski.

Jurgen Klopp menuturkan, “akan ada banyak kesempatan dimana kami harus bertahan dan kami sedang mengupayakan itu karena kami menghormati kualitas Bayern Munchen. Mereka memiliki kecepatan, pengalaman, dan teknik. Itu yang dibutuhkan untuk mencapai sukses.”

Liverpool juga akan mengandalkan Sadio Mane dan Mohamed Salah untuk membangun serangan balik cepat begitu mereka mampu merebut bola dari kaki pemain Munchen. Kedua pemain tersebut akan beradu sprint dengan pemain sayap Munchen, Joshua Kimmich dan David Alaba.

Pada laga dini hari nanti, Liverpool kemungkinan besar juga tidak akan diperkuat Roberto Firmino yang dikabarkan sedang terserang flu. Divock Origi kemungkinan akan dipasang sebagai gantinya atau bisa juga memanfaatkan Mohamed Salah sebagai penyerang.

Liverpool memang akan sedikit compang-camping pada laga ini akibat absennya sejumlah pemain penting. Namun beruntungnya laga menghadapi Munchen ini akan digelar di kandang sendiri di Stadion Anfield. Magis Anfield masih cukup kuat bagi Liverpool. Terbukti dari 17 laga di kandang Liverpool hanya sekali saja menelan kekalahan. Liverpool kalah dari Chelsea di ajang Carabao Cup yang tampaknya bukan prioritas utama mereka musim ini.

Liverpool juga mampu selalu menang sejauh ini jika tampil di kandang sendiri di Liga Champions musim ini. Red Star Belgrade, Napoli, dan Paris Saint Germain berhasil dipaksa pulang dengan tangan hampa. Magis Anfield ini pula yang tampaknya akan dimanfaatkan secara maksimal oleh tuan rumah.

5 Pertemuan Terakhir Kedua Tim
25-08-2001    Bayern Munchen vs Liverpool       2-3
22-04-1981    Bayern Munchen vs Liverpool       1-1
08-04-1981    Liverpool vs Bayern Munchen       0-0
03-11-1971    Bayern Munchen vs Liverpool       3-1
20-10-1971    Liverpool vs Bayern Munchen       0-0

5 Pertandingan Terakhir Liverpool
09-02-2019    Liverpool vs Bournemouth              3-0
05-02-2019    West Ham vs Liverpool                   1-1
31-01-2019    Liverpool vs Leicester City              1-1
19-01-2019    Liverpool vs Crystal Palace             4-3
12-01-2019    Brighton vs Liverpool                       0-1
5 Pertandingan Terakhir Bayern Munchen
16-02-2019    Augsburg vs Bayern Munchen                   2-3
10-02-2019    Bayern Munchen vs Schalke                     3-1
07-02-2019    Hertha Berlin vs Bayern Munchen             2-3
02-02-2019    Bayer Leverkusen vs Bayern Munchen     3-1
27-01-2019    Bayern Munchen vs Stuttgart                     4-1

Perkiraan Susunan Pemain
Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Joel Matip, Fabinho, Robertson; Wijnaldum, Henderson, Naby Keita; Sturridge, Salah, Mane. Pelatih: Jurgen Klopp.

Bayern Munchen (4-2-3-1): Manuel Neuer; Kimmich, Sule, Hummels, Alaba; Martinez, Thiago; Gnabry, James Rodriguez, Kingsley Coman; Lewandowski. Pelatih: Niko Kovac.

Prediksi Skor Akhir Pertandingan
Laga Liverpool vs Bayern Munchen ini dipastikan akan berlangsung ketat dan seru. Jual beli serangan akan dilakukan kedua tim untuk mengejar target meraih kemenangan.

Kedua tim juga sedang tidak dalam kondisi optimal. Liverpool harus kehilangan beberapa pemain belakang andalan dan juga kemungkinan tidak akan diperkuat Firmino. Sementara Munchen juga harus kehilangan Thomas Muller akibat kartu merah, Robben, Boateng, dan Tolisso.

Liverpool sebagai tuan rumah akan sedikit diunggulkan dan diuntungkan dibandingkan Munchen. Liverpool kemungkinan akan mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu.

Gol tandang pada laga ini dan leg kedua di kandang Munchen nanti dapat menjadi faktor pembeda penting bagi peluang lolosnya masing-masing tim.

Kemungkinan skor akhir pertandingan: 1-0, 2-1, 2-2, 3-2, 1-1.

[diolah dari berbagai sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar