Kamis, 03 Januari 2019

Prediksi Super Big Match Premier League Manchester City vs Liverpool: Pemulus Langkah Menuju Gelar Juara


Prediksi Super Big Match Premier League Manchester City vs Liverpool: Pemulus Langkah Menuju Gelar Juara
Prediksi Super Big Match Premier League
Manchester City vs Liverpool:
Pemulus Langkah Menuju Gelar Juara

Tahun baru 2019 baru saja tiba, namun seluruh penggemar sepak bola dunia sudah harus bersiap untuk menyaksikan sebuah laga super big match Premier League antara Manchester City vs Liverpool yang akan dilangsungkan di Etihad Stadium Jumat 4/2/2019 dini hari WIB. Laga dini hari nanti ini tergolong laga super big match mengingat kedua tim sedang bersaing cukup ketat untuk memperebutkan gelar juara Premier League 2018/2019 di akhir musim nanti. Laga super big match ini dipastikan akan sangat seru mengingat kedua tim pasti akan berupaya memberikan kado Tahun Baru terindah bagi masing-masing pendukung.
Manchester City yang menjadi tuan rumah pada super big match dini hari nanti sempat tampil sangat meyakinkan di awal musim. Bersama dengan Liverpool, mereka menjadi tim yang tak terkalahkan hingga pekan ke-15. Pada pekan ke-16 City untuk pertama kalinya menelan kekalahan di liga dari Chelsea dengan skor 2-0. Namun semenjak kekalahan yang terjadi di markas Chelsea di Stamford Bridge performa Manchester City mengalami penurunan dan menjadi agak kurang konsisten.
Hingga pekan ke-20 lalu, Manchester City sudah kalah sebanyak tiga kali. Dimana dua kekalahan lainnya diderita City saat menghadapi Crystal Palace di kandang (skor akhir 2-3) dan dari Leicester City saat tandang (skor akhir 2-1). Dua kekalahan yang diderita dari klub yang secara kualitas berada di bawah City tersebut cukup mengejutkan dan bisa jadi membuat kualitas dan kemampuan City untuk memburu gelar juara di akhir musim sedikit dipertanyakan.
Keraguan terhadap kemungkinan City untuk menjadi juara di akhir musim semakin diperkuat dengan fakta bahwa pesaing terberat saat ini dalam perebutan gelar juara Liverpool FC masih terlalu perkasa bagi semua lawannya. Liverpool yang sudah tampil hebat sejak awal musim 2018-2019 ini menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di liga hingga pekan ke-20 lalu. Hal itu semakin diperkuat dengan fakta bahwa Liverpool mampu mengalahkan dua tim yang secara kualitas setara dengan mereka yaitu Manchester United (menang 3-1) dan Arsenal (menang 5-1). Liverpool berhasil mengandaskan perlawanan Manchester United dan Arsenal di kandangnya sendiri dengan skor yang cukup mencolok.
Di tahun yang baru ini, Liverpool tentu saja akan berjuang keras dan mati-matian demi bisa mempertahankan performa gemilang yang dimilikinya supaya peluang untuk dapat menjadi juara di akhir musim semakin besar. Terlebih pesaing yang akan dihadapi adalah salah satu kandidat peraih gelar juara lainnya. Kemenangan akan semakin memperbesar peluang juara di akhir musim.
Akan tetapi, Jurgen Klopp telah mengingatkan anak-anak asuhnya agar tidak lengah dan terlalu percaya diri menjelang laga menghadapi Manchester City di Etihad Stadium dini hari nanti. Manchester City memang sedang tidak berada dalam performa terbaiknya dalam beberapa laga terakhir yang dijalani di liga. Namun diyakini pada laga nanti City akan tetap menjadi lawan yang tangguh dan sulit untuk dikalahkan, terlebih lagi mereka akan bertanding di depan suporter mereka sendiri.
Dalam konferensi pers menjelang laga menghadapi Manchester City, Jurgen Klopp, menyatakan, “laga ini seperti sebuah laga menghadapi Manchester City lainnya. Manchester City adalah sebuah tim yang sangat susah dikalahkan. Laga ini menjadi salah satu laga paling sulit di era sepak bola modern. Kita sudah beberapa kali menjalani laga tandang ke Manchester City. Mereka adalah tim yang sangat kuat dengan manajer yang berpengalaman.” Dari ucapan tersebut tersirat bahwa sebenarnya Klopp masih mewaspadai City dan tidak ingin sembrono dalam menghadapi laga dini hari nanti.
Klopp juga menambahkan, “kita tidak pernah tahu dengan pasti akan seperti apa laga nanti. Kita harus bersiap sebaik mungkin. Kita harus menghadapi laga ini dengan penuh keberanian, hasrat membara, dan penuh kemarahan sepanjang laga mengingat lawan kami masih adalah salah satu tim terbaik dunia.” Jurgen Klopp meyakini bahwa tidak ada yang berubah sama sekali dengan Manchester City, baik dalam cara mereka bermain maupun dalam semua prestasi yang sudah diraih. Satu-satunya yang berubah adalah poin yang mereka peroleh saat ini.
Pernyataan Jurgen Klopp tampaknya selaras dengan Pep Guardiola. Guardiola pernah mengatakan bahwa Manchester City tidak akan mengubah sama sekali metode atau pendekatan mereka dalam bermain terlepas dari hasil-hasil yang mereka peroleh.
Performa City memang sedang menurun dalam beberapa laga terakhir. Penurunan performa City membuat mereka berada di posisi tiga klasemen sementara dan tertinggal tujuh angka dari Liverpool di posisi puncak. Akan tetapi, Guardiola tetap menegaskan bahwa City akan tetap selalu bermain sebagaimana mereka biasanya bermain dan tidak akan ada perubahan yang mencolok.
Pada laga dini hari nanti, Guardiola meyakini bahwa laga ini adalah kesempatan sempurna bagi City untuk mengurangi jarak poin dengan Liverpool dan sekaligus memelihara peluang untuk menjadi juara di akhir musim nanti. Guardiola meyakini bahwa City akan mampu meraih kemenangan pada laga ini.
Guardiola menegaskan, “ini menjadi kesempatan besar bagi kami untuk memangkas jarak. Fokus kami masih sama”. Ditambahkan pula, “semua orang bertanya apa yang terjadi kalau kami kalah. Kami akan mencoba untuk memainkan permainan sendiri, berjuang untuk gelar Premier League yang masih mungkin.”
Laga dini hari nanti akan menjadi pertemuan ke-212 antara kedua tim di sepanjang sejarah. Catatan yang ada: Manchester City meraih 54 kemenangan, 53 laga berakhir imbang, dan 104 laga dimenangkan oleh Liverpool.
Manchester City yang berhasil mengalahkan Southampton 1-3 pada laga pekan ke-20 yang lalu tampaknya mulai kembali ke jalur kemenangan. Laga dini hari ini tentu akan dijadikan target bagi City untuk meraup poin penuh agar peluang menjadi juara tetap terjaga hingga akhir musim. Jika target tersebut terwujud, maka ini akan menjadi kemenangan perdana City atas Liverpool setelah dalam lima laga sebelumnya di berbagai ajang City tidak pernah menang atas Liverpool.
Laga pada dini hari nanti dipastikan akan berlangsung seru. Kedua tim diperkirakan akan bermain sangat hati-hati di awal laga untuk mencegah kebobolan terlebih dahulu. Pertarungan ini akan menjadi sangat sengit mengingat City adalah tim dengan produktivitas gol tertinggi di liga untuk saat ini sementara Liverpool adalah tim dengan pertahanan terkokoh saat ini.
Manchester City masih sedikit lebih diunggulkan untuk meraih hasil positif dibandingkan Liverpool mengingat status mereka sebagai tuan rumah dan kebutuhan untuk menang demi memperkecil jarak antar kedua tim. Laga ini juga menjadi tantangan bagi Liverpool untuk membuktikan dominasi mereka atas tim-tim yang saat ini berada di enam besar klasemen sementara liga. Sejauh ini Liverpool telah berhasil mengalahkan Arsenal, Manchester United, dan Tottenham Hotspur.
Kemenangan di laga ini bagi Manchester City berarti masih terbukanya peluang untuk menjadi kampiun di akhir musim. Sementara bagi Liverpool berarti pemulus langkah menuju gelar juara di akhir musim.
Catatan yang perlu diperhatikan adalah di tahun 2017 yang lalu, di tempat yang sama Manchester City berhasil membantai Liverpool dengan skor 5-0. Namun kali ini skor mencolok tersebut hampir pasti tidak akan terjadi. Kemungkinannya adalah Manchester City akan memenangkan laga ini dengan keunggulan satu gol atau laga akan berakhir imbang.
5 Pertemuan Terakhir Kedua Tim
14-01-2018       Liverpool vs Manchester City            4-3
05-04-2018       Liverpool vs Manchester City            3-0
11-04-2018       Manchester City vs Liverpool            1-2
26-07-2018       Manchester City vs Liverpool            1-2
07-10-2018       Liverpool vs Manchester City            0-0

5 Pertandingan Terakhir Manchester City
15-12-2018       Manchester City vs Everton              3-1
19-12-2018       Leicester City vs Manchester City    1-1
22-12-2018       Manchester City vs Crystal Palace   2-3
26-12-2018       Leicester City vs Manchester City    2-1
30-12-2018       Southampton vs Manchester City    1-3

5 Pertandingan Terakhir Liverpool
12-12-2018       Liverpool vs Napoli                             1-0
16-12-2018       Liverpool vs Manchester United         3-1
22-12-2018       Wolverhampton vs Liverpool              0-2
26-12-2018       Liverpool vs Newcastle                       4-0
30-12-2018       Liverpool vs Arsenal                           5-1

Perkiraan Susunan Pemain
Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Stones, Laporte, Zinchenko; Bernardo, Fernandinho, Silva; Sterling, Aguero, Sane
Pelatih: Josep Guardiola

Liverpool (4-2-3-1): Alisson; Alexander-Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson; Wijnaldum, Henderson; Mane, Salah, Keita; Firmino
Pelatih: Jurgen Klopp


[diolah dari berbagai sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar