Rabu, 23 Januari 2019

Prediksi Piala Asia 2019 Vietnam vs Jepang: Akankah Langkah Wakil Asia Tenggara Berlanjut ?


Prediksi Piala Asia 2019 Vietnam vs Jepang: Akankah Langkah Wakil Asia Tenggara Berlanjut ?
Prediksi Piala Asia 2019 Vietnam vs Jepang: Akankah Langkah
Wakil Asia Tenggara Berlanjut ?

Piala Asia 2019 telah mencapai babak perempat final. Laga pertama babak perempat final akan dimulai Kamis 24 Januari 2019 malam WIB. Laga pembuka akan menemukan wakil Asia Tenggara melawan wakil Asia Timur, Vietnam vs Jepang. Berikut prediksi pertandingan laga Vietnam vs Jepang malam nanti.

Vietnam yang merupakan juara Piala AFF 2018 berhasil menjadi salah satu dari dua wakil Asia Tenggara yang lolos ke perdelapan final bersama Thailand. Namun kelanjutan kiprah kedua negara tersebut berbeda. Thailand dihentikan langkahnya oleh China di perdelapan final. Sementara Vietnam secara mengejutkan mampu melangkah lebih jauh ke babak perempat final setelah menyingkirkan Jordania melalui adu penalti.

Vietnam mampu menjadi wakil Asia Tenggara pertama yang berhasil lolos ke babak perempat final Piala Asia. Kini beban seluruh wakil Asia Tenggara berada di pundak timnas Vietnam. Terlebih lagi pada laga malam nanti Vietnam akan berhadapan dengan Jepang wakil Asia Timur.

Sekedar untuk diketahui, di sepanjang sejarah pergelaran Piala Asia, negara-negara yang mampu melaju jauh di kompetisi didominasi negara-negara dari kawasan Asia Timur maupun Asia Barat. Jarang sekali negara-negara Asia Tenggara mampu melaju jauh apalagi menjadi juara.

Pada laga malam nanti, Vietnam setidaknya memiliki peluang untuk membuat seluruh dunia tahu bahwa negara dari Asia Tenggara juga mampu bersaing di level kompetisi yang lebih tinggi. Jika Vietnam mampu mengatasi Jepang pada laga malam nanti, maka mata dunia akan semakin mengarah ke Asia Tenggara sebagai kawasan yang dianggap berpotensi bagi sepak bola.

Namun langkah Vietnam untuk melaju lebih jauh hingga babak semifinal Piala Asia 2019 juga tidak akan mudah. Pasalnya lawan yang akan dihadapi bukan tim sembarangan melainkan Jepang sang wakil Asia Timur yang telah memenangi ajang Piala Asia sebanyak empat kali.

Vietnam mampu lolos ke perempat final setelah berjibaku melawan Jordania di babak perdelapan final dan memenangi laga melalui adu penalti. Adapun Vietnam mampu lolos ke perdelapan final karena ada sedikit unsur keberuntungan. Mereka memiliki poin disiplin yang lebih baik dibanding Lebanon sang pesaing terdekat.

Jika melihat catatan sejarah, tampaknya akan sulit (kalau tidak mau dikatakan mustahil) bagi Vietnam untuk dapat mengatasi Jepang dan lolos ke semifinal Piala Asia 2019. Sebab, Jepang merupakan salah satu raksasa Asia yang memiliki pemain-pemain yang berkompetisi di kancah sepak bola Eropa. Bahkan beberapa pemainnya bermain untuk klub yang berada di level tertinggi sepak bola Eropa.

Berdasarkan fakta tersebut, maka bisa dikatakan kecil peluangnya bagi Vietnam untuk mampu mengatasi Jepang dan melaju lebih jauh ke semifinal Piala Asia 2019. Dibutuhkan keberuntungan yang lebih besar, selain tentu saja permainan yang sangat militan dari para pemain Vietnam untuk bisa menyingkirkan Jepang dari ajang Piala Asia 2019.

Jepang sendiri lolos ke perempat final Piala Asia 2019 setelah mengalahkan Arab Saudi sang pemegang tiga gelar Piala Asia dengan skor tipis 1-0. Gol kemenangan Jepang tercipta pada menit ke-20 melalui sundulan Takehiro Tomiyasu menyambut umpan tendangan sudut Gaku Shibasaki.

Pada laga melawan Arab Saudi, di awal-awal laga Jepang harus berjibaku menjaga area pertahanannya dari gempuran pemain-pemain Arab Saudi yang mengambil inisiatif untuk langsung menyerang sejak awal laga. Namun kombinasi dari ketangguhan serta kerapian Jepang dalam menjaga area pertahanan dan kurang tenang serta bagusnya pemain-pemain Arab Saudi dalam membangun serangan membuat gawang Jepang tetap steril.

Jepang yang tampaknya lebih mengandalkan strategi serangan balik maupun eksekusi bola-bola mati justru yang mampu mencuri gol terlebih dahulu. Gol Jepang pada menit ke-20 pun menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada laga tersebut. Di sepanjang sisa laga, Arab Saudi yang terus berusaha menyamakan kedudukan lebih banyak menyerang dan mengancam gawang Jepang. Namun kombinasi rapatnya pertahanan Jepang dan kurang tenang serta efektifnya pemain Arab Saudi dalam mengeksekusi peluang membuat gawang Jepang tetap steril hingga laga berakhir.

Namun di perempat final nanti, kemungkinan Jepang akan menggunakan strategi yang sedikit berbeda. Jepang diperkirakan akan terlebih dahulu membangun inisiatif serangan, sedangkan Vietnam yang justru diyakini akan lebih bertahan sambil menunggu peluang untuk melakukan serangan balik.

Kedua tim diyakini akan menunjukkan semangat juang paling maksimal untuk meraih hasil positif pada laga malam nanti dan lolos ke semifinal. Kedua tim memang memiliki ciri khas sebagai negara dengan semangat juang yang militan berdasarkan sejarah masa lalunya.

Walaupun Jepang yang merupakan negara pemegang gelar terbanyak Piala Asia sampai sejauh ini, namun laga malam nanti kemungkinan akan tetap berjalan menarik. Menarik untuk menanti kejutan berikutnya dari Vietnam sebagai satu-satunya wakil Asia Tenggara yang masih tersisa di Piala Asia 2019 ini.

Laga perempat final Piala Asia 2019 antara Vietnam vs Jepang akan digelar di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab. Sejak babak perempat final pula teknologi VAR akan mulai digunakan di Piala Asia 2019. Vietnam akan untuk pertama kalinya menjalani laga yang menggunakan teknologi VAR.

Pertemuan Terakhir Kedua Negara
20-05-1973    Jepang vs Vietnam              4-0
16-07-2007    Vietnam vs Jepang              1-4
07-10-2011    Jepang vs Vietnam              1-0

5 Pertandingan Terakhir Vietnam
31-12-2018    Filipina vs Vietnam               2-4
08-01-2019    Irak vs Vietnam                    3-2
12-01-2019    Vietnam vs Iran                    0-2
16-01-2019    Vietnam vs Yaman               2-0
20-01-2019    Jordania vs Vietnam            1-2 (AP: 2-4)

5 Pertandingan Terakhir Jepang
20-11-2018    Jepang vs Kyrgyzstan          4-0
09-01-2019    Jepang vs Turkmenistan      3-2
13-01-2019    Oman vs Jepang                  0-1
17-01-2019    Jepang vs Uzbekistan          2-1
21-01-2019    Jepang vs Arab Saudi          1-0

Prediksi Skor Pertandingan Vietnam vs Jepang
Melihat performa kedua tim di ajang Piala Asia 2019 dan juga sejarah pertemuan kedua tim, Jepang jelas layak untuk sedikit lebih diunggulkan untuk memenangi laga malam nanti dan lolos ke semifinal. Namun bukan berarti Vietnam akan menyerah begitu saja menghadapi Jepang.

Vietnam diyakini akan tetap berjuang secara militan dengan harapan dapat melaju ke semifinal Piala Asia 2019. Kemungkinan Vietnam akan menggunakan strategi yang digunakan Jepang saat menghadapi Arab Saudi yaitu membangun pertahanan yang rapat serta kokoh sambil sesekali membangun serangan balik cepat.

Namun fakta bahwa Jepang adalah pemegang gelar terbanyak Piala Asia, ditambah faktor sejarah Vietnam belum pernah menang atas Jepang, serta keunggulan kualitas pemain-pemain Jepang dari Vietnam, Jepang tetap akan diyakini mampu menghentikan langkah Vietnam di babak perempat final.

Kemungkinan skor akhir pertandingan Vietnam vs Jepang: 0-2, 1-2, 1-3, 0-3.

[diolah dari berbagai sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar