Sabtu, 29 Desember 2018

6 Fakta Menarik Tentang Jose Mourinho

6 Fakta Menarik Tentang Jose Mourinho
6 Fakta Menarik Tentang Jose Mourinho



















Membahas mengenai Jose Mourinho memang tampaknya seperti tak akan pernah ada habisnya. Sosok salah satu pelatih terbaik dunia yang baru saja dipecat alias dilengserkan dari jabatannya sebagai pelatih Manchester United ini memang selalu menarik perhatian dan tak jarang menimbulkan kontroversi. Seperti sudah banyak kita semua ketahui, Jose Mourinho baru saja dilengserkan dari jabatannya sebagai pelatih Manchester United setelah timnya dikalahkan telak oleh Liverpool dengan skor 3-1 di Anfield hari Minggu 17 Desember 2018 yang lalu.
Pemecatan yang diterima oleh Jose Mourinho beberapa hari lalu tersebut memberikan catatan buruk untuknya. Ini adalah pertama kalinya Mourinho dipecat oleh suatu klub tanpa pernah satu kali pun meraih juara liga. Di semua klub sebelumnya (Chelsea, Inter Milan, Real Madrid), Mourinho selalu pernah menjuarai liga domestik minimal satu kali. Namun di Manchester United, Mourinho tak satu kali pun meraih gelar juara liga.
Artikel kali ini akan membahas lebih banyak seputar Jose Mourinho yang mungkin tidak banyak dari kita yang tahu. Ada 6 fakta menarik tentang Jose Mourinho yang akan mengisi artikel ini. 6 fakta menarik tentang Jose Mourinho ini dikumpulkan dari berbagai sumber di internet. Mari langsung saja kita simak bersama.
Fakta Menarik Tentang Jose Mourinho #1 Pernah Diperingatkan Polisi Gara-Gara Anjing
Jose Mourinho pernah ditangkap dan diperingatkan polisi pada 2007 silam. Penyebabnya adalah Mourinho tidak membiarkan anjingnya, Gullit, untuk keluar rumah. Menurut penjelasan pihak kepolisian, anjingnya tersebut tidak menerima suntikan yang tepat, dan Mourinho diduga hendak menyelundupkan anjingnya keluar rumah melalui pintu belakang. Sebagai tambahan pula, nama anjingnya, Gullit, mirip dengan nama salah seorang legenda sepak bola asal Belanda. Mourinho memberi nama anjingnya seperti entah sebagai bentuk kekaguman atau bisa jadi juga sebagai bentuk penghinaan, tidak ada yang tahu pasti kecuali sang empunya anjing.
Fakta Menarik Tentang Jose Mourinho #2 Keluar Dari Sekolah Bisnis
Saatnya usia 23 tahun, Mourinho memutuskan keluar dari sekolah bisnis. Padahal Maria Julia, sang ibu, telah bersusah payah mendaftarkannya ke sekolah bisnis. Mourinho memutuskan meninggalkan pendidikan bisnisnya hanya sehari setelah menghadiri kelas untuk mengejar impiannya sebagai seorang manajer tim sepak bola. Sebagai bagian dari upayanya untuk menjadi manajer tim sepak bola, Mourinho memutuskan untuk bermain bagi berbagai klub sepak bola pada rentang 1980-1987.

Fakta Menarik Tentang Jose Mourinho #3 Guru Pendidikan Jasmani
Jose Mourinho sebelum menjadi manajer tim sepak bola ternyata juga sempat menjadi guru pendidikan jasmani di sebuah sekolah dasar di Lisbon, Portugal. Sebelum Mourinho menjadi guru pendidikan jasmani di sekolah tersebut, tidak ada satupun murid perempuan yang mau mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani. Akan tetapi, sejak Mourinho mengajar disana, tidak ada satupun murid perempuan yang tidak mengikuti pelajaran dengan alasan sakit. Ternyata fakto keberadaan Mourinho sebagai guru juga memiliki dampak yang baik bagi partisipasi murid dalam mengikuti pelajaran.
Fakta Menarik Tentang Jose Mourinho #4 Mampu Berbicara Enam Bahasa
Jose Mourinho dikenal sebagai pelatih handal salah satunya karena faktor kemampuannya berbicara menggunakan lebih dari satu bahasa yang ada di dunia. Jose Mourinho tak hanya mampu berbicara menggunakan dua atau tiga bahasa melainkan enam bahasa yaitu Portugis, Inggris, Spanyol, Catalan, Italia, dan Prancis. Tak banyak pelatih sepak bola yang mampu menguasai percakapan berbagai bahasa seperti Mourinho.
Walaupun Mourinho mampu berbicara dalam banyak bahasa, akan tetapi jangan sekali-kali menyebut Mourinho sebagai penerjemah. Sebab menurut dia, hal itu dapat menghina mereka yang berprofesi sebagai penerjemah profesional yang tidak memiliki kemampuan berbahasa sebanyak dirinya.
Fakta Menarik Tentang Jose Mourinho #5 Nama Yang Sama Dengan Sang Ayah
Jose Mourinho diketahui memiliki nama yang hampir sama dengan ayahnya. Ayahnya bernama Jose Manuel Mourinho Felix. Ayah Jose Mourinho merupakan seorang pemain sepak bola dengan posisi kiper.
Ternyata tidak hanya nama Mourinho yang hampir sama dengan nama ayahnya. Mourinho ternyata juga memberi nama anaknya hampir sama dengan namanya. Mourinho memberi nama putranya Jose Mario Mourinho Junior.
Fakta Menarik Tentang Jose Mourinho #6 Selalu Menggunakan Supir Selama Di Inggris
Selama ini Mourinho dikenal suka mengendarai mobil sendiri. Namun hal itu tidak berlaku ketika dia sedang berada dan tinggal di Inggris. Brand Ambassador Jaguar The Special One ini mengaku enggan melakukannya ketika sedang berada di Inggris.
Mourinho selalu datang ke stadion, pusat latihan, dan tempat-tempat lain bersama supirnya. Alasan Mourinho tidak suka menyetir sendiri selama berada di Inggris adalah ketidaksukaannya terhadap kondisi jalanan di Inggris yang menurutnya berbeda dengan di Portugal. Di Inggris, dia harus fokus mengemudi di sisi lain jalan.
Itulah enam fakta menarik tentang Jose Mourinho yang mungkin belum pernah kita semua ketahui selama ini. Semoga dengan ini kita menjadi lebih tahu tentang sosok salah satu pelatih terbaik dunia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar