Rabu, 21 Maret 2018

Mengingat Kembali Trix and Flix Maskot UEFA EURO 2008™

Mengingat Kembali Trix and Flix Maskot UEFA EURO 2008™
Mengingat Kembali Trix and Flix Maskot UEFA EURO 2008™
(sumber: www.google.com)

Artikel di posting kali ini sudah pernah saya upload di blog saya yang lain peteradisaputro.blogspot.com. Untuk kepentingan atau tujuan upload ulang di blog peterbicarabola.blogspot.com ini, maka saya terlebih dahulu mengedit bagian-bagian yang memang perlu supaya artikel ini tetap relevan untuk dibaca walaupun event UEFA EURO 2008™ telah lama sekali berlalu. Selamat membaca artikel ini dan semoga masih bermanfaat.

UEFA EURO 2008™ merupakan ajang sepak bola terbesar di benua Eropa yang digelar pada tahun 2008 yang lampau. Event sepak bola akbar tersebut digelar di dua negara Austria dan Swiss. Seperti halnya event sepak bola pada umumnya, tentu saja UEFA EURO 2008™ juga memiliki maskot yang mewakili event tersebut selama perhelatan ajang tersebut berlangsung.

Sebagian besar dari kita mungkin sudah lupa atau melupakan maskot dari ajang akbar sepak bola Eropa tersebut, oleh karena itu tak ada salahnya mari kita mengingat kembali Trix and Flix maskot UEFA EURO 2008™ yang begitu menarik dan keren pada masanya.

TRIX dan Flix begitulah nama kedua maskot Euro 2008 yang digelar di Austria dan Swiss tahun 2008 lampau. Kedua maskot yang sebagian besar mengandung unsur warna yang sama seperti bendera negara kita, Merah dan Putih, didesain secara khusus supaya tidak menyerupai atau meniru tokoh maskot yang sudah ada sebelumnya yang mengambil pola binatang. Trix and Flix dirancang sebagai maskot berupa dua bocah kembar yang piawai dan atraktif bermain bola.

Untuk memperkenalkan kedua maskot resmi UEFA EURO 2008™ kepada publik dan tentu saja sekaligus mempromosikan ajang sepak bola akbar di benua Eropa tersebut, dibuatlah video animasi yang kala itu ditampilkan di website resmi kejuaraan UEFA EURO 2008™ (website resmi UEFA EURO 2008™ yang beralamat di www.euro2008.com sudah tidak aktif lagi). Video animasi tersebut merupakan garapan rumah produksi animasi asal Swedia yang bernama Kaktus.


Dalam video animasi garapan rumah produksi Kaktus tersebut Trix dan Flix digambarkan sebagai dua bocah kembar yang tampil enerjik dan atraktif. Dengan gaya layaknya seorang free styler, mereka berdua kompak mengolah bola, menendang, dan menyundul bola serta berlarian menelusuri pegunungan Austria dan Swiss. Selain itu, mereka juga berdansa ala bintang reggae, Shaggy, di stadion yang sudah dipenuhi oleh para fansnya. Bagi yang penasaran seperti apa video animasinya bisa disimak di https://www.youtube.com/watch?v=KLWLXW6wZM4.

Trix dan Flix Menyapa Fans Di Lapangan
Trix dan Flix Menyapa Fans Di Lapangan
(sumber: www.google.com)
Video animasi Trix and Flix tersebut benar-benar mendemonstrasikan kehebatan kemampuan olah bola Trix dan Flix yang diharapkan dapat menjadi “virus” yang bisa membius para penggila sepak bola di dunia supaya mau datang dan menyaksikan secara langsung UEFA EURO 2008™ yang digelar di Austria-Swiss. Atraksi luar biasa dalam video tersebut juga berupaya menyampaikan sebuah pesan: “bahwa dalam hidup sesuatu yang luar biasa bisa kita munculkan dalam setiap hal yang kita lakukan dan mungkin saja menghasilkan sesuatu yang luar biasa jika kita terus mencobanya”.

Karakter dua bocah enerjik yang terdapat dalam video animasi tersebut juga digambarkan berbeda. Trix yang ditampilkan menggunakan seragam putih tim nasional Austria bernomor 20 sifatnya lebih terkesan relaks, namun di sisi lain dia juga tergolong cerdas dan lebih menuruti kata hatinya saat bermain. Sedangkan Flix dengan seragam merah tim nasional Swiss yang bernomor 08 memiliki sifat yang cenderung lebih disiplin dan bisa mengontrol diri saat bermain.

Rambut dari kedua bocah yang digambarkan bermodel berdiri dijuluki sebagai Spiky Hair yang menggambarkan kondisi sesungguhnya dari pegunungan di Austria dan Swiss yang merupakan tuan rumah ajang UEFA EURO 2008™. Pegunungan di kedua negara tersebut memang telah terkenal di penjuru dunia akan keindahannya. Oleh karena itu, panitia ingin menjadikannya sebagai kebanggaan yang tergambarkan dalam rambut maskot UEFA EURO 2008™.

Adapun pencipta tokoh kedua bocah tersebut tak lain adalah Warner Brothers perusahaan asal Amerika Serikat yang empat tahun sebelumnya juga menciptakan maskot untuk UEFA EURO 2004™ yang diadakan di Portugal. Kinas yang merupakan maskot UEFA EURO 2004™ adalah seorang bocah ajaib yang mahir bermain bola. Warner Brothers sendiri sudah terkenal di penjuru dunia sebagai perusahaan yang mampu melahirkan tokoh kartu superhero seperti Batman dan Superman.

Saat pertama kali diperkenalkan ke publik pada Rabu 27 September 2006 di Museumsquartier di kota Vienna, Austria, kedua bocah tersebut belum memiliki nama. Pihak panitia akhirnya memutuskan untuk melakukan voting untuk menentukan nama yang tepat untuk kedua maskot tersebut.

Mengetahui hal tersebut, publik pecinta sepak bola, khususnya di Austria dan Swiss begitu antusias terlibat dalam proses voting penentuan nama kedua maskot itu. Kala itu, proses voting dapat dilakukan melalui website resmi kejuaraan, seluruh jaringan restoran McDonald’s di Austria dan Swiss, serta melalui jasa telepon Telekom Austria. Setelah melalui proses voting itu nama resmi akhirnya terpilih pada 10 Oktober 2006.

Proses voting itu sendiri melibatkan lebih dari 67.000 suara dari kedua negara penyelenggara kejuaraan yang akhirnya sepakat menggunakan nama Trix dan Flix sebagai nama maskot. Hasil proses voting menunjukkan bahwa Trix dan Flix unggul tipis dengan raihan 36,3 persen pemilih, kandidat lain Flitz dan Bitz menyusul dengan 33,7 persen pemilih, sedangkan Zagi dan Zigi meraih 30 persen pemilih.

Hasil voting diumumkan secara resmi di kota Innsbruck tepat sehari sebelum pertandingan persahabatan antara kedua tuan rumah penyelenggara kejuaraan, Austria melawan Swiss, pada Rabu 11 Oktober 2006 di Stadion Ernst Happel Austria.

Boneka Trix dan Flix
Boneka Trix dan Flix
(sumber: www.google.com)
Trix dan Flix merupakan generasi ketiga dari maskot yang dirupakan animasi manusia yang dibuat untuk menyemarakkan kejuaraan yang dilaksanakan tiap empat tahun sekali tersebut. Maskot berupa manusia pertama kali dibuat pada penyelenggaraan Euro keenam di Italia pada tahun 1980. Figur yang dipakai kala itu adalah Pinocchio si boneka kayu. Maskot terakhir sebelumnya yang menggunakan tokoh manusia adalah Kinas yang merupakan maskot Euro 2004 di Portugal.

Maskot pertama yang berupa binatang adalah Peno yang merupakan penggambaran dari Ayam Jago yang digunakan sebagai maskot Euro 1984 di Perancis. Sejak saat itu, berturut-turut mulai tahun 1988, 1992, hingga 2000 maskot dari kejuaran sepak bola terakbar di Eropa tersebut selalu menggunakan tokoh atau karakter berupa binatang.

Itulah sekilas bahasan mengenai Trix and Flix sang maskot UEFA EURO 2008™ yang diadakan di Austria dan Swiss. Semoga artikel ini dapat membantu kita untuk mengingat kembali Trix and Flix maskot UEFA EURO 2008™ yang begitu populer pada masanya.

1 komentar:

  1. Prediksi Bola Chelsea vs Everton 08 Maret 2020
    Prediksi Bola Manchester United vs Manchester City 08 Maret 2020

    hasilbola.vip akan memberikan Prediksi Bola Gratis, Cukup dengan melihat saja untuk tebakan skor akurat kami.
    Karena situs hasilbola.vip ini sudah banyak orang yang mempercayai nya, Bahwa situs Prediksi Sepakbola ini begitu akurat skornya.
    Dan bermain MIXParlay ini bisa anda bertaruh dengan menggunakan Pulsa juga loh yang hanya ada di hasilbola.vip.
    Yuk kunjungi langsung situs yang ada dibawah ini. Terima kasih sebelumnya sudah mengizinkan saya berkomentar disini.

    https://hasilbola.vip/prediksi-sepakbola/baca/3898/chelsea-vs-everton-08-maret-2020
    https://hasilbola.vip/prediksi-sepakbola/baca/3899/manchester-united-vs-manchester-city-08-maret-2020

    BalasHapus