Jumat, 23 Maret 2018

Akankah Spanyol Sang Juara Piala Eropa 2008 Menjuarai Piala Dunia 2010 ?

South Africa FIFA World Cup 2010 Logo
South Africa FIFA World Cup 2010 Logo
(source: www.fifa.com)
Satu lagi sebuah artikel lama di blog saya yang lain yang saya putuskan untuk pindahkan ke blog ini. Artikel ini merupakan tulisan atau ulasan ringan seputar peluang tim nasional sepak bola pria Spanyol untuk menjuarai Piala Dunia 2010. Memang saat ini kita pasti semua sudah mengetahui bahwa pada akhirnya Spanyol mampu keluar sebagai Juara Piala Dunia 2010, tetapi mari kita kondisikan diri kita semua pada suatu waktu dimana kita belum tahu siapakah negara yang akhirnya berhasil menjuarai Piala Dunia 2010. Dengan sudut pandang tersebut, mari kita semua coba bertanya, akankah Spanyol sang Juara Piala Eropa 2008 menjuarai Piala Dunia 2010 ? Semoga cara saya mengulas peluang Spanyol dapat menjadi inspirasi atau referensi untuk dapat membuat ulasan atau prediksi pertandingan lainnya. Selamat menyimak bersama.

Mungkin sudah banyak diantara kita yang lupa bahwa pada tanggal 30 Juni 2010 ditengah perhelatan Piala Dunia 2010, Spanyol yang merupakan Juara Piala Eropa 2008 mampu mengalahkan Portugal yang merupakan salah satu tim terkuat Eropa dengan skor 1-0 pada babak perdelapan final Piala Dunia Afrika Selatan 2010. Kemenangan Spanyol atas Portugal itu pula yang kemudian secara sepintas memunculkan pikiran berupa suatu pertanyaan yang pada akhirnya terjawab di akhir kompetisi Piala Dunia 2010. Akankah Spanyol  sang juara Piala Eropa 2008 menjuarai Piala Dunia 2010 ?

Akankah Spanyol Sang Juara Piala Eropa 2008 Menjuarai Piala Dunia 2010 ?
Tim Nasional Spanyol Berpose Sebelum Laga.
Akankah Spanyol Sang Juara Piala Eropa 2008 Menjuarai Piala Dunia 2010 ?
(source: www.google.com)
Pada waktu itu, mengetahui kemenangan Spanyol atas Portugal berkat gol tunggal David Villa di menit ke-63 membuat saya berpikir bahwa mungkin saja Spanyol mampu menjuarai Piala Dunia Afrika Selatan 2010. Memang kala itu permainan Spanyol belumlah sepenuhnya meyakinkan seperti halnya Argentina, Belanda, atau Jerman. Namun mengingat segala kemungkinan bisa saja terjadi di dunia ini dan saya pikir Spanyol tetap memiliki peluang untuk menjadi juara.


Hal tersebut juga didukung dengan fakta bahwa di perempat final Piala Dunia Afrika Selatan 2010, Spanyol merupakan satu-satunya tim kuat yang mendapatkan lawan yang cukup ringan yaitu Paraguay. Saya kala itu meyakini bahwa asalkan Spanyol mampu mempertahankan pola permainan yang sudah ditampilkan pada dua laga terakhirnya di Piala Dunia 2010, Spanyol akan mampu mengalahkan Paraguay, bahkan kemungkinan dengan selisih gol lebih dari satu (faktanya Spanyol memang akhirnya mengalahkan Paraguay dengan skor 1-0 lewat gol yang dicetak oleh David Villa pada menit ke-83).

Andaikata akhirnya Spanyol mampu mengalahkan Paraguay, maka mereka akan berjumpa salah satu pemenang laga Argentina melawan Jerman. Kedua tim tersebut (Argentina dan Jerman) sama-sama membantai lawannya di babak perdelapan final Piala Dunia 2010. Argentina mampu mengalahkan Meksiko dengan skor 3-1. Jerman secara mengejutkan mampu mengalahkan Inggris dengan skor sangat mencolok 4-1.

Kala itu saya memprediksi asalkan Jerman mampu mempertahankan permainan menawan yang ditampilkan kala membantai Inggris serta mereka mampu menghentikan atau membatasi pergerakan Lionel Messi, maka besar kemungkinan Jerman akan mampu memenangi laga perempat final melawan Argentina walaupun dengan selisih gol yang tidak besar. Namun andaikata Jerman gagal mematikan pergerakan Lionel Messi, maka peluang untuk memenangi pertandingan akan berbalik menjadi milik Argentina. Tetapi saya kala itu tetap yakin bahwa Jerman akan mampu mengatasi Argentina sebab saat itu Jerman memiliki pemain-pemain muda potensial seperti Bastian Schweinsteiger (kala itu berumur 24 tahun) dan Thomas Muller (saat itu masih berusia 19 tahun dan merupakan salah satu pencetak gol kemenangan laga).

Jika memang akhirnya Spanyol berhasil mengalahkan Paraguay dan berhasil mengatasi pemenang laga Argentina melawan Jerman di semifinal, maka mereka akan menghadapi lawan yang juga tangguh di final, Brazil atau Belanda. Brazil yang saat itu permainannya belum terlalu menawan harus mampu mengalahkan Belanda di semifinal jika ingin tampil di partai puncak. Belanda saat itu memiliki permainan yang bisa dikatakan lebih menawan dibandingkan Brazil. Pada babak perdelapan final Belanda memang hanya mampu menang tipis 2-1 melawan Slovakia, tetapi secara permainan, waktu itu Belanda masih lebih unggul dibandingkan Brazil. Laga perempat final Belanda melawan Brazil digelar pada 2 Juli 2010 (laga akhirnya dimenangkan Belanda dengan skor tipis 2-1). Selain itu, andaikata Brazil waktu itu mampu memenangi laga melawan Belanda, maka mereka akan berjumpa dengan pemenang laga Uruguay melawan Ghana. Dua tim tersebut termasuk dua tim yang kurang diperhitungkan selama perhelatan Piala Dunia Afrika Selatan 2010. Salah satu diantara dua tim kejutan tersebut pasti akan melaju ke babak semifinal, namun prediksi saya langkah mereka akan terhenti di babak tersebut dan kemudian mereka akan berjuang untuk memperebutkan posisi ketiga Piala Dunia Afrika Selatan 2010.

Faktanya Belanda akhirnya mampu menyingkirkan Brazil dengan skor tipis 2-1. Sementara Uruguay juga berhasil melaju ke babak semifinal setelah mengalahkan Ghana melalui drama adu penalti dengan skor akhir 4-2.

Melihat susunan tim yang lolos ke semifinal, Spanyol masih merupakan kandidat yang terkuat untuk menjadi juara. Jerman memang memiliki tim yang sangat bagus yang merupakan antara pemain muda belia dengan pemain yang lebih senior, namun Spanyol memiliki keunggulan pengalaman atas Jerman, sebab sebagian besar pemain yang mengisi skuat Spanyol merupakan pemain yang telah ikut mengantarkan Spanyol menjuarai Piala Eropa 2008. Berkat keunggulan pengalaman itu pula, saya yakin Spanyol bisa melaju ke partai puncak.

Jika memang nantinya Spanyol mampu sampai ke final, siapapun lawan yang akan dihadapi di final, saya tetap yakin Spanyol akan mampu memenangkan pertandingan, sebab mereka sudah berpengalaman menjadi juara ajang kompetitif sebelumnya dan ditambah lagi jika mereka mengalahkan Jerman yang sedang bagus-bagusnya tentu saja hal tersebut akan semakin mendongkrak motivasi para pemain Spanyol.

Itulah analisa sederhana saya seputar peluang Spanyol untuk menjuarai Piala Dunia 2010 setelah sebelumnya berhasil menjuarai Piala Eropa 2008.
Tim Nasional Spanyol Mengangkat Trofi Piala Dunia 2010
Tim Nasional Spanyol Menerima Trofi Piala Dunia 2010
(sumber: www.google.com)
Pada akhirnya kita semua sudah mengetahui bahwa Spanyol merupakan Juara Piala Dunia Afrika Selatan 2010. Spanyol mengalahkan Belanda dengan skor tipis 1-0 berkat gol tunggal Andres Iniesta yang dicetak di menit ke-116.
Anggota Tim Nasional Spanyol Bersorak Kegirangan Merayakan Keberhasilan Menjuarai Piala Dunia 2010
Anggota Tim Nasional Spanyol Bersorak Kegirangan Merayakan
Keberhasilan Menjuarai Piala Dunia 2010
(sumber: www.google.com) 
Itulah utak-atik dan ulasan sederhana saya mengenai peluang Spanyol yang merupakan Juara Piala Eropa 2008 untuk juga menjuarai Piala Dunia 2010. Pertanyaan, akankah Spanyol sang juara Piala Eropa 2008 juga berhasil menjuarai Piala Dunia 2010 ? Jawabannya kini telah jelas dan tak terbantahkan, “YA”.
x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar