Kamis, 14 Desember 2017

100 Fakta Unik Piala Dunia Yang Mungkin Belum Kita Ketahui - Bagian 1 (1-10)


100 Fakta Unik Piala Dunia Yang Mungkin Belum Kita Ketahui - Bagian 1 (1-10)
100 Fakta Unik Piala Dunia Yang Mungkin
Belum Kita Ketahui - Bagian 1 (1-10)

(sumber: google.com)
Pada tahun 2018 yang tak lama akan segera hadir terdapat suatu event akbar sepak bola pria, yaitu Piala Dunia Rusia 2018 yang digelar di pertengahan tahun depan. Namun sebelum kita menyaksikan pergelaran paling akbar di ajang sepak bola pria tersebut, maka tidak ada salahnya kalau kita menyimak terlebih dahulu beberapa fakta unik mengenai Piala Dunia yang disarikan dari berbagai sumber di internet. Mengingat banyaknya fakta unik yang akan dibahas, maka fakta-fakta tersebut akan dibagi ke dalam 10 bagian supaya lebih mudah dibaca dan dipahami. Mari kita simak bersama.

Fakta Unik Piala Dunia #1 - Selama penyelenggaraan Piala Dunia, tidak banyak pertandingan yang mampu menghasilkan jumlah gol yang luar biasa banyak, mengingat rata-rata tim yang berlaga di ajang sekelas Piala Dunia memang memiliki kekuatan yang hampir merata. Pertandingan dengan jumlah gol terbanyak yang pernah terjadi selama sejarah penyelenggaraan Piala Dunia terjadi pada 26 Juni 1954 dalam laga antara Austria melawan Swiss dengan skor akhir 7-5.

Fakta Unik Piala Dunia #2 - Piala Dunia merupakan ajang yang bisa menghasilkan pertandingan dengan skor ketat karena kekuatan kontestan yang hampir merata, oleh karena itu tidak banyak negara peserta yang mampu mencetak gol dalam jumlah yang banyak pula. Jerman adalah negara pencetak gol terbanyak dalam tiga edisi Piala Dunia terkini, yaitu 14 gol pada Piala Dunia 2006, 16 gol pada Piala Dunia 2010, dan 18 gol pada Piala Dunia 2014.

Fakta Unik Piala Dunia #3 - Tidak banyak pertandingan dengan jumlah gol atau skor besar di Piala Dunia, oleh karena itu pula tidak banyak jumlah total gol yang tercetak dalam satu perhelatan penuh Piala Dunia. Sejauh ini, terdapat dua edisi Piala Dunia dengan jumlah total gol terbanyak, yaitu Piala Dunia 1998 dan Piala Dunia 2014, dengan jumlah total gol 171. Sementara itu, Piala Dunia dengan jumlah total gol tersedikit terjadi pada Piala Dunia 2010 dengan jumlah gol 145.


Fakta Unik Piala Dunia #4 - Absennya suatu negara di ajang sekelas Piala Dunia dapat dianggap sesuatu yang biasa, mengingat ajang hanya ini memiliki peserta 32 negara saja dari ratusan negara anggota FIFA, jadi tentu saja akan ada banyak negara yang bisa gagal berpartisipasi dalam Piala Dunia. Untuk Piala Dunia 2018 ini, Peru menjadi negara yang terlama absen. Peru pertama kali tampil dan ikut serta dalam ajang Piala Dunia pada tahun 1982, jadi hingga Piala Dunia 2018 digelar nanti, Peru telah absen selama 36 tahun. Lama sekali bukan ?

Fakta Unik Piala Dunia #5 - Brazil merupakan negara dengan jumlah kartu merah terbanyak di sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala Dunia, yaitu 11 kartu merah. Brazil diikuti oleh Argentina dengan 10 kartu merah dan Uruguay dengan 9 kartu merah.

Fakta Unik Piala Dunia #6 - Sebuah pertandingan berakhir dengan skor imbang 0-0 adalah sesuatu yang wajar dalam sebuah pertandingan sepak bola. Sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala Dunia, Inggris ternyata menjadi negara yang paling banyak mengakhiri laga dengan skor 0-0, dimana 11 dari 82 pertandingan yang telah dijalani Inggris di Piala Dunia berakhir dengan skor tersebut.

Fakta Unik Piala Dunia #7 - Sangat jarang sekali ada suatu negara yang tampil di Piala Dunia yang tidak pernah kebobolan gol di sepanjang turnamen. Swiss menjadi satu-satunya negara yang tidak pernah kebobolan gol di satu ajang Piala Dunia, yaitu pada tahun 2006, dimana Swiss tampil sebanyak 4 kali di ajang tersebut.

Fakta Unik Piala Dunia #8 - Meksiko merupakan negara yang paling banyak lolos ke Piala Dunia yang tak pernah menang. Meksiko telah tampil pada 16 ajang Piala Dunia.

Fakta Unik Piala Dunia #9 - Tim nasional sepak bola Italia gagal tampil di ajang Piala Dunia 2018, simak artikelnya di sini. Kegagalan Italia ini adalah yang pertama kali setelah pada tahun 1958, Italia juga gagal tampil pada tahun tersebut.

Fakta Unik Piala Dunia #10 - Apabila mampu memenangi perhelatan Piala Dunia 2018 tahun depan, Portugal akan menjadi negara keempat yang mampu memenangi Piala Eropa dan Piala Dunia secara beruntun. Tiga negara lain yang mampu melakukan hal serupa adalah Jerman Barat, Prancis, dan Spanyol.

Itulah 10 dari 100 fakta unik Piala Dunia yang mungkin belum kita ketahui. Nantikan 10 fakta unik lainnya di bagian kedua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar